Selasa, 27 Oktober 2009

jejaring sosial


Pengertian Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen
individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka
berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal
sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh
profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,
ide, teman, keturunan, dll.

Sejarah Jejaring Sosial

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya
internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui
komunikasi antar komputer.

Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang
berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com
pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda
dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah
berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan
oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK
regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya
memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna
kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu
layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses
dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.

Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis
sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan
juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK)
membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih
dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Layanan Jejaring Sosial

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan
kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi
seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog,
diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan
untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya
dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring
sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat
saling sharing didalamnya.

sumber : ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI JEJARING
SOSIAL PENJUALAN BERBASIS WEB, (Muhammad Ridwan Nawawi, Muhammad Irfani
Sahnur, Dino Dwiyaksa) 2008




JANGAN LUPA COMMENT EA

0 komentar:

Posting Komentar

AddThis

Bookmark and Share




VidiAldiano-Status Palsu

 

My Blog List

Labels

Hello

FahmiNetProduction © 2008 Business Ads Ready is Designed by Fahmi Supported by Tadpole's Notez