Selasa, 08 September 2009

5 Tips Meningkatkan Pelanggan Blog Anda


http://assets.matchbin.com/sites/264/assets/img_subscribe.jpg

Akan sangat membahagiakan jika blog kita mendapat apresiasi. Pertama, kedatangan saja sudah membuat kita senang, apalagi meninggalkan jejak lewat shoutmix untuk sekedar 'say hello'. Rasa seneng akan lebih berlipat ketika melihat angka comment tak lagi nol bahkan semakin banyak. Belum lagi, ketika melihat followers yang berjibun. Yang paling membahagiakan ketika kita melihat tombol feedburner kita berisi, kita merasa blog kita benar-benar dibutuhkan dengan para pembaca memutuskan untuk tak ketinggalan berita kita. Berarti mereka menganggap penting post kita setiap waktunya sehingga mereka ingin mendapat artikel kita secepat mungkin.

Selain itu bukankah kabar baik juga bagi Anda jika banyak orang berlangganan artikel Anda, dengan arti mereka akan sering sekali melihat blog Anda dan mendapatkanjalur aksesnya di email mereka. Nah, saya punya tips ringan untuk meningkatkan pelanggan Anda.

1. Konten Yang Bagus
Ketika seseorang mempercantik blognya dengan 'terlalu' banyak animasi sebenarnya ia terjebak pada 'kepuasan' pribadi. Animasi memang membuat blog lebih rame, dan beberapa diantaranya beralasan ingin membuat blog lebih hidup sehingga pembaca tak bosan. Sedangkan saya lebih memilih blog minimalis dengan lebih menitikberatkan dan meng'hidupkan' konten. Seorang pembaca kembali untuk melihat konten bagus lain dan bukan untuk berlama-lam memandangi animasi. Seorang pembaca memutuskan berlangganan artikel karena ia ingin mendapatkan update postingan dan bukan update animasi blog. Tugas pertama Anda adalah menulis konten yang bagus dan selalu update.

Berhubungan dengan konten:
1. 5 Tips Membuka Postingan
2. Frekuensi Postingan Yang Ideal
3. Tips Update: Mainkan Tanggal

2. Berikan Kemudahan Pada Pengunjung
Semua orang ingin kemudahan. Jadi buatlah pengunjung Anda mudah untuk berlangganan blog Anda. Caranya adalah menempatkan tombol-tombol berlangganan di tempat yang terlihat mereka. Pasanglah tool 'Subscribe Via Email' di sidebar Anda atau bagian dari postingan Anda, misal dibagian bawah postingan.

Berkaitan:
1. Penempatan Elemen (Misal Subscribe Via Email) di bawah postingan
2. Share Pack (Tombol Langganan Feed di setiap akhir postingan, jangan lupa ganti ID feedburner Anda)

3. Meminta
Sangat penting melakukan hal ini, mengingatkan pembaca untuk berlangganan. Banyak hal dilakukan agar menjadi lebih halus. Salah satunya adalah membuatpermintaan itu seolah-olah hanyalah suatu 'pertanyaan' yang tak memaksa, misalnya, "Anda menyukai konten blog ini? Mengapa Tak Berlangganan dan Dapatkan Update di Inbox Anda?". Bukankah itu mempunyai fungsi berlipat, menanyakan hal seperti ini berarti mengingatkan pembaca untuk berlangganan. Hanya dengan menambahkan tulisan di atas Anda telah menanamkan suatu ide pada pemikiran mereka yang bisa jadi sebelumnya tak terpikir.

4. Berikan Hadiah
Anda bisa menarik pelanggan dengan memberikan hadiah kepada mereka. Misal saja E-book yang tak membutuhkan biaya. Dalam blog luar negeri biasanya menggunakan kata-kata, "Lebih banyak tips setiap minggunya? Langsung di Email Anda" atau "Konten yang lebih hebat di Inbox Anda". Mereka menggunakan kalimat seperti itu dengan link berlangganan blog mereka. Mereka memberikan hadiah berupa artikel tambahan yang tidak dipublish di blog mereka tetapi langsung lewat email. Hanya pelanggan yang tahu.

5. Tampilkan Jumlah Pelanggan
Hal ini hanya bisa dilakukan oleh blog dengan pelanggan banyak. Mereka menampilkan jumlah pelanggan bertujuan untuk menarik pelanggan lain. Sifat manusia yang suka ikut-ikutan. "Owh, pelaggan blog ini banyak, pasti ada hal bagus atau menarik disini", demikian mereka berpikir dan akhirnya nimbrung untuk berlangganan juga.

Semoga bermanfaat..... Mas Doyok...

Sekedar mengingatkan bagi Anda yang suka ngeblog, lakukan step-step secara terencana
- Start a Blog, Bagaimana mengawali karir blog denganlebih terencana...
- Grow a Blog, Bagimana Anda mulai perlahan membangun blog dan interaksi dua arah Anda
- Design a Blog, Bagaimana Anda men-desain blog Anda , serta trik dan tipsnya
- Monetize a Blog, Bagaimana Anda mulai memikirkan 'hasil' dari blog Anda
- Blog Tips, Banyak tips guna menjaga keseimbangan keempat elemen di atas...

Semoga sukses dengan Blog Anda.....

0 komentar:

Posting Komentar

AddThis

Bookmark and Share




VidiAldiano-Status Palsu

 

My Blog List

Labels

Hello

FahmiNetProduction © 2008 Business Ads Ready is Designed by Fahmi Supported by Tadpole's Notez